12 Makanan yang Baik untuk Sistem Pencernaan

 

makanan

Hindunnisa.com - Pencernaan memiliki peranan penting dalam kesehatan. Fungsi dari sistem pencernaan sendiri yaitu menghancurkan makanan atau mencerna makanan menjadi nutrisi dan energi yang berguna bagi tubuh. Terdapat beberapa jenis makanan yang dapat membantu sistem pencernaan bekerja lebih maksimal.

Jika Anda mengonsumsi makanan yang tidak baik untuk kesehatan pencernaan atau tidak memperhatikan pola makan, maka dapat menyebabkan masalah pada pencernaan. Gangguan kesehatan seperti kembung, sembelit, diare, mual, muntah dan sakit maag bisa saja terjadi.

Memilih Makanan yang Menyehatkan Sistem Pencernaan

Untuk menghindari atau mengantisipasi masalah pencernaan, Anda harus memperhatikan apa saja makanan yang baik untuk sistem pencernaan Anda. Berikut beberapa makanan yang bisa Anda pilih untuk meningkatkan kinerja organ pencernaan.

Makanan yang Mengandung Serat

Serat merupakan kandungan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan secara umum. Apabila Anda tidak terbiasa mengonsumsi serat, ada baiknya untuk meningkatkan asupan serat secara perlahan. Anda bisa mulai dengan serat larut seperti oat meal, apel dan pisang.

Caranya dengan menambahkan satu porsi serat pada makanan setiap 4 sampai 5 hari. Penggunaan rentan waktu seperti ini karena asupan serat yang berlebihan dapat mengakibatkan gangguan buruk terhadap pencernaan. Banyak minum air putih dapat membantu meningkatkan kapasitas serat sekaligus menambah massa feses.

Makanan Sumber Lemak Tak Jenuh

Makanan yang baik untuk sistem pencernaan selanjutnya adalah makanan yang mengandung sumber lemak tak jenuh. Lemak ini dikenal sebagai kandungan yang dapat membantu menyerap vitamin. Perpaduan lemak tak jenuh dan serat dapat mendukung pergerakan usus. 

Anda bisa menemukan kandungan lemak tak jenuh pada minyak zaitun. Perlu diingat bahwa kandungan lemak tak jenuh sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang dibutuhkan tanpa berlebihan agar tidak memicu gangguan kesehatan

Jumlah kalori yang dibutuhkan orang dewasa yang sedang diet sekitar 2000 kalori per hari. Anda bisa mengukurnya dengan mengonsumsi lemak tak jenuh sekitar 77 gram setiap hari.

Baca juga: 

Sayuran Lengkap dengan Kulitnya

Serat terdapat pada sayuran yang merupakan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Serat sendiri dapat berfungsi merangsang usus untuk memperlancar metabolisme pencernaan. Tidak hanya bagian isinya saja, kulit sayuran lebih kaya serat, maka sebaiknya konsumsi sayuran secara utuh.

Makanan yang Mengandung Jahe

Jahe memiliki khasiat mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti mengurangi kembung. Bubuk jahe tentu menjadi salah satu bumbu yang sangat baik untuk diolah bersama makanan. Irisan jahe juga dapat diolah menjadi minuman seperti dicampur ke dalam teh, kopi dan minuman lainnya.

Pastikan Anda memilih bubuk jahe atau tanaman jahe berkualitas. Untuk teh sebaiknya pilih jahe segar agar menghasilkan teh jahe yang lebih nikmat.

Buah-buahan

Buah-buahan termasuk makanan sehat untuk pencernaan karena mengandung vitamin dan mineral. Buah disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Beberapa buah yang bisa Anda konsumsi seperti apel, pisang dan jeruk. Dengan rutin mengonsumsi buah-buahan ini dapat membantu meningkatkan kinerja pencernaan.

Makanan Berbiji Utuh

Makanan yang baik untuk sistem pencernaan selanjutnya adalah makanan berbiji utuh. Anda bisa memilih gandum utuh untuk mendapatkan manfaat dalam meningkatkan kesehatan pencernaan. Karena gandum utuh mempunyai kandungan serat yang tinggi dan dikenal sebagai nutrisi yang baik untuk pencernaan.

Pencernaan mengolah biji-bijian secara perlahan kemudian mengontrol kadar gula darah. Anda bisa memilih makanan gandum utuh seperti beras merah. Anda dapat mengolahnya dengan resep favorit agar dapat dikonsumsi secara rutin.

Yoghurt

yoghurt

Probiotik bermanfaat untuk menyehatkan sistem pencernaan. Produk yoghurt sendiri banyak yang mengandung probiotik. Masalah pencernaan seperti sembelit, kembung dan diare dapat berkurang dengan menggunakan probiotik. Kerja dari bakteri baik ini adalah meningkatkan pencernaan laktosa untuk stabilitas pencernaan.

Kefir

Selain yoghurt, ada juga kefir yang mengandung bakteri probiotik di dalamnya. Kefir ini termasuk jenis minuman susu fermentasi yang mengenyangkan. Minuman fermentasi ini membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau mengandung banyak nutrisi, salah satunya kandungan sulfoquinovose. Kandungan inilah yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Sulfoquinovose merupakan gula yang dapat memberi makan bakteri baik di perut sehingga pencernaan menjadi lebih lancar dan sehat.

Tempe

Hasil fermentasi dari kedelai ini termasuk makanan yang baik untuk sistem pencernaan. Hal ini karena pada proses fermentasi, antinutrient atau asam fitat pada kedelai terpecah. Dengan begitu pencernaan kita terlindungi dari gangguan penyerapan nutrisi.

Tempe juga mengandung probiotik yang baik. Fungsi dari probiotik sendiri dapat melindungi lapisan usus dari bakteri berbahaya. Gejala irritable bowel syndrome atau IBS dapat dikurangi, mencegah diare, meningkatkan keteraturan serta mengurangi kembung.

 Ikan Salmon

Ikan salmon cukup populer karena mengandung omega-3. Fungsi dari omega 3 ini dapat mengurangi peradangan di tubuh. Seperti penyakit radang usus atau intoleransi makanan serta gangguan pencernaan lainnya. Dengan mengonsumsi ikan salmon dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Peppermint

Minyak peppermint merupakan minyak esensial yang dihasilkan daun peppermint. Manfaatnya telah terbukti dalam mengobati masalah pencernaan. Senyawa aktif yang terkandung pada minyak peppermint ini adalah menthol. Fungsinya menthol diantaranya menyembuhkan gejala IBS, kembung, serta masalah ketidaknyamanan perut lainnya.

Jadi Anda yang memiliki masalah pencernaan tidak perlu khawatir karena banyak sekali kebaikan alam yang bisa Anda manfaatkan mulai dari minuman, rempah, makanan hingga minyak yang bisa Anda gunakan dengan mudah di rumah.

Itulah beberapa makanan yang baik untuk sistem pencernaan. Perluas wawasan Anda tentang kesehatan dan farmasi dengan mengunjungi website seperti https://pafipesawaran.org. Dengan bertambahnya wawasan maka Anda dapat menjaga kesehatan keluarga.

Pafipesawaran merupakan wadah untuk menghimpun yang bakti karyanya di bidang farmasi. Tetap jaga kesehatan dan perhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi!.

Sumber gambar: Pexel/Ella Olsson


Salam,



Tidak ada komentar untuk " 12 Makanan yang Baik untuk Sistem Pencernaan"